Tour de Pasien Kalimantan Timur

Artikel oleh
Kota Balikpapan & Kota Tenggarong
18 & 19 Desember 2016

Halo akang teteh, kali ini bertemu lagi dengan saya Ken pradipta dalam laporan dokumentasi tour de pasien. Kegiatan kali ini sangat berbeda dari biasanya Karena kegiatan tdp ini diselenggarakan diluar kota, yaitu tepatnya di Kalimantan timur. Pada hari sabtu tanggal 17 desember 2016, saya, kang Ashari dan kang Yoffie berangkat dari pool bus prima jasa di daerah batununggal bandung, kami berangkat tepat pukul 23:00 WIB dan setibanya di bandara soekarno hatta pada pukul 01:30 dini hari, perjalanan cukup singkat karena tidak macet.

Kami langsung check in di bandara, dan beristirahat sejenak sambil menunggu kedatangan kang Sodik, tak lama beliau datang lalu kami sholat subuh sejenak dan pesawat berangkat tepat pukul 05:00 WIB. Kami mendarat di kota Balikpapan pada pukul 07:00 WITA,  tepatnya di bandara sepinggan yang cukup besar dan luas.

Kami dijemput oleh bapak Rustam, yaitu pemilik CV Roes Paduwai Distributor atera di makassar, kemudian langsung menuju rumah bapak Nursam, beliau adalah marketing atera untuk Balikpapan. Kami langsung sarapan dan mandi kemudian bergegas ke lokasi terapi di Jl MT Haryono, lokasinya berjarak sekitar 10 menit perjalanan, pasien sudah menunggu.

Kami memperkenalkan diri dan melakukan uji kadar mineral juga tingkat keasaman pada air minum, terakhir kami menerapi pasien yang hadir, ada sekitar 50 orang lebih yang rata rata didominasi oleh ibu – ibu.

Acara tuntas pada pukul 16:00, kami langsung menuju rumah pak Nursam untuk makan dan beristirahat. Malam harinya, kang Sodik mentraktir kami makan malam di sebuah restoran kepiting yang sangat terkenal, sepulangnya makan malam, ada beberapa pasien yang datang ke rumah untuk minta diterapi, setelah semua pasien tuntas diterapi, kami langsung persiapan berangkat ke kota tenggarong. Kami berangkat pukul 23:00, perjalanan cukup jauh dimana kami harus melewati hutan lebat yang masih sangat alami, kami beristirahat sejenak di masjid chenghoo sampai masuk waktu sholat subuh.

Kami melanjutkan perjalanan dan tiba di kota tenggarong pada pukul 05:30, segeralah kami mencari penginapan dan kami mendapat penginapan di wisma jantung. Kami lalu istirahat dan berangkat pada pukul 08:30, pasien di lokasi mulai berdatangan.

Kami mulai memperkenalkan diri lalu kemudian melakukan uji tes kadar mineral dan tingkat keasaman pada air minum. Kegiatan ditutup oleh terapi bersama, banyak pasien dari berbagai kalangan mulai ustad, pendeta, sampai ibu rumah tangga, kebanyakan dari semua pasien adalah keluhan medis seperti kolesterol, kelenjar dan asam lambung. Banyak antusiasme dari masyarakat sekitar, kegiatan selesai pukul 16:00 dan kami harus segera kembali ke penginapan karena ada seorang dokter yang ingin berkunjung untuk berjumpa dengan kang Sodik, tepat pukul 16:30 dokter tersebut datang dan langsung memulai percakapan, beliau cukup mengapreasiasi dengan kehadiran air atera 27 yang menurutnya memiliki banyak keistimewaan untuk kesehatan. Semua kegiatan berakhir pada pukul 20:00, setelah itu kami check out kemudian makan malam, malam itu kami langsung kembali ke kota Balikpapan karena besok pesawat berangkat pukul 08:00 dari bandara sepinggan di kota Balikpapan.

Inti dari kegiatan tdp ini adalah, dimanapun kita berada, pasien selalu ada dan pasti membutuhkan jasa terapis. Kami para terapis sangat senang bisa mengunjungi kota yang menurut kami cukup bersih dan nyaman, apalagi Kalimantan memiliki banyak potensi untuk lokasi terapis dan penjualan air. Terima kasih kepada kang Sodik yang sudah berbagi ilmunya yang bermanfaat, terima kasih pula pada MTHI dan pihak marketing atera yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Sampai bertemu lagi di laporan tour de pasien selanjutnya, sampai jumpa.